Deteksi Dini Kanker Payudara

Petunjuk untuk memeriksa payudara sendiri (SADARI)

Yayasan Kanker Indonesia memberikan petunjuk kepada Anda tentang cara-cara sederhana untuk menemukan tumor payudara sedini mungkin dengan cara SA-DA-RI, yaitu PerikSA PayuDara SendiRI. Lakukan SADARI sebulan sekali sesudah haid, dengan urutan sebagai berikut:

A.

  1. Perhatikan dengan teliti payudara Anda di muka cermin (tanpa berpakaian), dengan kedua lengan lurus ke bawah.
  2. Amati dengan teliti dan perhatikan bila ada benjolan atau perubahan bentuk pada payudara sebab Anda sendirilah yang lebih mengenal tubuh Anda.
  3. Angkat kedua lengan lurus ke atas dan ulangi pemeriksaan seperti di atas.

B.

Dengan kedua siku mengarah ke samping, tekanlah telapak tangan Anda yang satu pada yang lain secara kuat. Cara ini akan menegangkan otot-otot dada Anda sehingga perubahan-perubahan seperti cekungan (dekok) dan benjolan akan lebih terlihat.

C.

Pencetlah pelan-pelan daerah di sekitar puting kedua payudara Anda, dan amati apakah keluar cairan yang tidak normal (tidak biasa).

D.

  1. Berbaringlah dengan tangan kanan di bawah kepala dan letakkan bantal kecil di bawah punggung kanan.
  2. Rabalah seluruh permukaan payudara kanan dengan tangan kiri sampai ke daerah ketiak. Perhatikanlah bila ada benjolan yang mencurigakan. Lakukan perabaan yang sama untuk payudara kiri.

E.

  1. Raba payudara dengan tiga ujung jari tengah yang dirapatkan.

  2. Lakukan gerakan memutar dengan tekanan lembut tetapi mantap, dimulai dari pinggir dengan mengikuti arah putaran jarum jam.

F.

Berilah perhatian khusus pada bagian-bagian yang diberi warna merah seperti ditunjukkan pada gambar di atas, sebab disitu sering ditemukan tumor payudara.

Jika pada saat melakukan “SADARI” ditemukan benjolan atau perubahan pada payudara (dibandingkan dengan keadaan pada bulan sebelumnya), maka segera periksakan diri ke dokter karena benjolan itu mungkin suatu tumor ganas.

15 tanggapan untuk “Deteksi Dini Kanker Payudara”

  1. munanda

    apa benar faktor keturunan bisa menyebabkan kanker payudara pada anaknya ?
    kola udah stadium lanjut apa masih bisa d’obati ?

    Reply
    • HASANAH

      mohon bisa dikirimi leaflet tentang deteksi dini kanker payudara khususnya SARARI. Trimakasih..

      Reply
  2. Eka Retnaning

    Halo Admin yayasankankerindonesia.org,

    Kami dari Vemale.com, situs wanita grup dari KapanLagi.com.
    Apakah kita bisa kerjasama untuk bertukar link?

    Anda bisa menampilkan link Vemale.com di yayasankankerindonesia.org
    Untuk posisi link-nya, kami berharap link dari Vemale.com diletakkan di sidebar kanan

    Dan kami akan menampilkan link yayasankankerindonesia.org di halaman Vemale.com: http://www.vemale.com/kesehatan/

    Terima kasih atas kerjasamanya :)

    – Humas Vemale.com

    Reply
  3. cicylia

    Saya mau bertanya, jika puting sebelah kiri kering dan pecah itu tandanya apa ya?? Saya mengalaminya sudah sedari kecil dulu hingga kini usia saya 20 tahun. Mula-mulanya sebelah kanan juga demikian, tetapi lambat laun sebelah kanan sudah normal kembali. Rasanya tidak sakit. Terimakasih.

    Reply
  4. tri prastiwi

    saya perwakilan dari YKI cabang Tulungagung, mohon bisa dikirimi leaflet tentang deteksi dini kanker payudara khususnya SARARI. Trimakasih..

    Reply
  5. entin susilawati

    Saya baru “ngeh” hari sabtu (15/9/12) waktu mandi kl di payudara kiri saya ada benjolan. Saya berharap ini bukan tumor.

    Reply
  6. nisa

    memang kanker payudara adalah momok menakutkan bagi perempuan. semoga dengan menyadari sedini mungkin bisa meminimalkan timbulnya kanker. terima kasih infonya.

    Reply
  7. Maria

    baru saja pas mau mandi, saya lihat di bagian kiri atas payudara kiri saya ada seperti kulit melentung dan pecah saat tersentuh jari, menjadi luka kulit terbuka seperti kalau bekas terselomot panas. Apa ini pantas dicurigai ya? Saya ingin check jadinya

    Reply
  8. arfi

    saya mengalami hal lain, puting saya kalau di pencet mengeluarkan seperti susu yg sudah mengental. lebih tepatnya seperti isi dari jerawat. apakah itu berbahaya?

    Reply
  9. anjani mahesa

    saya mau bertanya,ada benjolan dipayudara kanan saya tapi letak benjolan tersebut dibawah , dan ridak mengeluarkan cairan pada putingnya . apakah itu kanker atau tumor ??

    Reply
  10. kartika

    apa hubungannya kanker payudara,serta sadari dengan kesehatan reproduksi

    Reply
  11. siti nadiroh

    a\slmt siang, akhir-akhir ini sy sering mengalami nyeri pada daerah punggung tanpa sebab yg jelas, kaang nyeri pd bagian lengan, apakah ini perlu dicurigai adanya benjolan payudara, tp kl sy raba payudara sepertinya tdk ada ada benjolan, mhn jawabannya, trm ksh

    Reply
  12. mae

    mau tanya, kalo benjolan tidak tampak keliatan dgn kasat mata, tapio saat diraba terasa ada benjolan gtoo dan sdkt sakit pada bag. dekat aksila. itu salah stu petanda tumor?

    Reply

Kirim jawaban