Peringatan Hari Ulang Tahun Yayasan Kanker Indonesia (YKI) ke-37

Dewan Pembina YKI

Ketua Dewan Pembina YKI, Ibu Karlina Umar

Pada tanggal 22 April 2014 telah berlangsung acara peringatan Hari Ulang Tahun Yayasan Kanker Indonesia (YKI) ke-37 bertempat di Gedung Wisma Elang Laut – Jl. Diponegoro Jakarta Pusat. Selain Pengurus, Pembina dan Pengawas Yayasan Kanker Indonesia, acara dihadiri juga oleh ibu-ibu Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), organisasi wanita, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat serta para donatur yang turut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan YKI. Tema tahun ini adalah “Bersama Kita Menanggulangi Kanker”. Hadir pula pada acara tersebut Ibu Karlina Umar Wirahadikusumah selaku Dewan Pembina YKI yang tampak ceria dan senantiasa memberi inspirasi serta semangat kepada para anggota pengurus YKI.

Ketua YKI

Ketua Umum YKI

Pada kata sambutan Ketua Umum YKI Ibu Nila F Moeloek berpesan, bahwa dewasa ini peran YKI diharapkan lebih ke arah promotif dan preventif ketimbang kuratif. Oleh sebab itu keberadaan YKI dapat membantu para penderita kanker untuk bersikap optimis dalam menghadapi penyakit kanker, sementara YKI berusaha agar penderita penyakit kanker tidak jatuh ke stadium lanjut (down staging).

Hypermart memberikan donasi pelanggan untuk para penderita kanker.

Hypermart memberikan donasi pelanggan untuk para penderita kanker.

Dalam menjalankan visi dan misinya YKI menyadari betul peran kemitraan dengan berbagai pihak yang dengan ikhlas membantu mengurangi beban para penderita kanker. YKI berharap agar program CSR yang dimiliki para mitra kerjanya dalam jangka panjang dapat diarahkan untuk dapat mengurangi beban para keluarga penderita. Pada acara tersebut juga diserahkan secara simbolis sumbangan dari Hypermart untuk Klinik Deteksi Dini dan merenovasi rumah singgah rumah singgah YKI Pusat ( Sasana Mardi Husada ) untuk para penderita kanker yang berlokasi di Lebak Bulus Jakarta. YKI menyadari betapa pentingnya kemitraan dengan berbagai pihak, baik dari kalangan swasta maupun pemerintah.

Acara potong tumpeng & kue HUT YKI ke-37

Acara potong tumpeng & kue HUT YKI ke-37

Acara peringatan HUT YKI ke-37 juga diisi dengan acara potong tumpeng perdana yang diberikan kepada Ibu Karlina Umar oleh Ibu Nila F Moeloek dan juga acara tiup lilin dimana potongan kue perdana diberikan kepada Ibu Ratna Djoko Susanto. Dalam sambutannya Ibu Karlina Umar selaku Ketua Dewan Pembina YKI menyampaikan bahwa YKI hingga kini masih eksis bahkan sudah memiliki 74 cabangnya di seluruh Indonesia. YKI adalah organisasi nirlaba, oleh karena menurut Ibu Karlina Umar , YKI akan tetap mempertahankan sifat sosialnya.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan acara Seminar Sehari dengan empat nara sumber yang dimoderatori oleh dr. Elisna. Para narasumber seminar adalah Prof. Dr. Nila F Moeloek, SpM yang memaparkan tentang kanker secara umum dan peran YKI, dr. Nuhoni Ayatim SpRM dengan paparan tentang pola hidup sehat sebagai upaya mencegah kanker, dr. Biani SpBO dengan paparan tentang kanker payudara dan penanggulannya dan terakhir paparan oleh dr. T Dewi Anggraini SpOG yang memaparkan tentang kanker serviks dan upaya penanggulangannya.

Nara sumber Seminar Sehari tentang kanker.

Nara sumber Seminar Sehari tentang kanker.

Acara HUT YKI kali ini juga diumumkan tiga pemenang lomba karya tulis tentang kanker yang merupakan cerita tentang kisah-kisah mengharukan dari para survivor yang terus menggelorakan semangat dan ingin berbagi kepada sesama penderita kanker.

Para pemenang lomba karya tulis kanker

Para pemenang lomba karya tulis kanker

 

A. Mufti/amufti2004@gmail.com

One Response to “Peringatan Hari Ulang Tahun Yayasan Kanker Indonesia (YKI) ke-37”

Leave a Reply