Yayasan Kanker Indonesia (YKI) adalah organisasi nirlaba yang bersifat sosial dan kemanusiaan di bidang kesehatan, khususnya dalam upaya penanggulangan kanker.

Tujuan YKI adalah mengupayakan penanggulangan kanker dengan menyelenggarakan kegiatan di bidang promotif, preventif dan suportif.

Menyadari bahwa penanggulangan kanker hanya mungkin berhasil bila dilakukan oleh semua pihak, maka YKI melaksanakan kegiatannya dengan bekerjasama dengan semua pihak, baik pemerintah, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat, swasta dan dunia usaha baik di dalam maupun luar negeri. YKI memiliki cabang di seluruh Indonesia.

YKI menjalankan berbagai program penanggulangan kanker dengan memprioritaskan pelaksanaan program pada 10 kanker utama berikut:

  • Kanker Leher Rahim
  • Kanker Payudara
  • Kanker Hati
  • Kanker Paru
  • Kanker Kulit
  • Kanker Nasofaring
  • Kanker Kolorektal
  • Leukemia
  • Trofoblas Ganas
  • Limfoma Malignum.

Sejarah

Proses pendirian Yayaan Lembaga Kanker Indonesia: R. Satoto Hoepoedio dan Istri meminta kesediaan Dr. Moh. Hatta sebagai pendiri

Proses pendirian Yayaan Lembaga Kanker Indonesia: R. Satoto Hoepoedio dan Istri meminta kesediaan Dr. Moh. Hatta sebagai pendiri

Masalah utama dalam penanggulangan kanker adalah kurangnya pengetahuan masyarakat tentang kanker dan kesadaran masyarakat untuk melakukan perilaku hidup sehat untuk mengurangi risiko kanker serta melakukan deteksi dini kanker. Akibatnya sebagian besar kanker ditemukan pada stadium lanjut dan sulit ditanggulangi, sehingga memberikan beban yang besar bagi pasien kanker dan keluarganya.

Berdasarkan kepedulian dan keprihatinan terhadap semakin banyaknya penderita kanker, rendahnya pengetahuan masyarakat akan penyakit ini serta tingginya angka kematian penderita akibat datang berobat pada stadium lanjut, 17 tokoh masyarakat dan pemerhati kesehatan terpanggil untuk mendirikan Yayasan Lembaga Kanker Indonesia (YLKI) pada tanggal 17 April 1977. Pendiri YLKI tersebut antara lain:

  • DR. Mohammad Hatta
  • Let. Jend. Ali Sadikin
  • Prof. DR. G.A. Siwabessy
  • Prof. Dr. Soedarto Pringgoutomo
  • R. Satoto Hoepoedio
  • Prof. Dr. Asmino
  • DR. Arifin M. Siregar.

Pada tahun 1987 YLKI diubah menjadi Yayasan Kanker Indonesia (YKI). YKI telah tercatat dalam daftar yayasan di Depertemen Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan Akte Notaris Ati Mulyati SH., MKn. tanggal 3 Juni 2008. Logo dan nama Yayasan Kanker Indonesia pun telah dipatenkan.

Ketua Umum pertama adalah Prof. Dr. Soedarto Pringgoutomo Sp.PA (1977-1978), kemudian dilanjutkan oleh Ibu Karlinah Umar Wirahadikusumah (1978-2006).

Klik di sini untuk melihat Kepengurusan periode sekarang.

Kembali ke Atas

VISI: Masyarakat PEDULI Kanker

  • Memberikan (PE)rhatian bahwa kanker bukan hanya masalah individu atau keluarga mereka yang terkena kanker.
  • Memberikan (DU)kungan baik moral maupun material sesuai dengan kemampuan dan kapasitas kita.
  • Memberikan (LI)ndungan agar mereka yang terkena kanker merasa terayomi sehingga timbul semangat diri untuk mencari solusi terbaik dalam upaya pengobatan maupun peningkatan kualitas hidup pasien kanker.

MISI: Meningkatkan kepedulian masyarakat dalam penanggulangan kanker melalui penyediaan layanan promotif, preventif, dan suportif.

YKI mengupayakan penanggulangan kanker dengan mengadakan berbagai kegiatan di bidang promotif, preventif dan suportif serta menekankan akan pentingnya deteksi kanker secara dini.

Moto YKI adalah:

“Kanker dapat disembuhkan jika ditemukan dalam stadium dini”

Kembali ke Atas

Bidang Kegiatan

Guna mendukung program-programnya, YKI memiliki bidang-bidang yang secara terpadu menjalankan program yang telah ditentukan. YKI melaksanakan kegiatannya melalui 5 bidang:

Bidang Organisasi

Tugas dan fungsi bidang organisasi adalah mengembangkan organisasi internal baik di Pusat maupun di Cabang, dan meningkatkan hubungan eksternal dengan mitra yang bergerak di bidang sejenis baik di dalam dan di luar negeri.

Kerjasama di dalam negeri:

  • dengan beberapa Fakultas Kedokteran, seperti FKUI
  • dengan perkumpulan profesi, seperti Perhimpunan Spesialis Patologi Indonesia (IAPI) dan Perkumpulan Onkologi Indonesia (POI)
  • dengan Rumah Sakit Pemerintah, seperti: Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Cipto Mangunkusumo
  • dengan Kementerian dan Lembaga Nasional Pemerintah, seperti: Kementerian Kesehatan, BKKBN
  • dengan perusahaan-perusahaan farmasi
  • dan beberapa mitra lainnya.

YKI juga merupakan anggota Komisi Nasional Pengendalian Tembakau.

Kerjasama dengan mitra organisasi di luar negeri antara lain:

DPH YLKI dipimpin Ny. K. Umar Wirahadikusumah pada dengar pendapat Komisi VIII DPR RI pada tahun 1980 Keanggotaan UICC Rakernas 2010

Kembali ke Atas

Bidang Pelayanan Sosial

Bidang ini memberi pelayanan kepada masyarakat, dimulai dari program deteksi dini, program santunan sitostatika dengan kriteria tertentu, bantuan biaya iur bayar radiasi di RSUPN Cipto Mangunkusumo dan operasi bagi pasien kanker kurang mampu, serta menyalurkan obat sitostatika dengan harga dasar. Selain itu YKI menyelenggarakan program suportif bagi pasien kanker payudara dan serviks, pasien dengan stoma dan pasien pada stadium terminal.

Bakti Sosial HUT YKI Ke-30 Sarana Transportasi mengantar pasien rawat jalan dari SMH ke RSCM Sarana Transportasi mengantar pasien rawat jalan dari SMH ke RSCM

Kembali ke Atas

Bidang Pendidikan & Penyuluhan

Bidang ini memberikan pendidikan, pelatihan dan penyuluhan.

Untuk pendidikan, YKI bekerjasama dengan berbagai organisasi profesi untuk memberikan pembekalan kepada dokter baru lulus, perawat, sito screener dan masyarakat umum.

Bidang ini mendukung bidang Pelayanan Sosial dengan pelatihan Hospice Home Care, Reach to Recovery, pelatihan relawan PPKS, pelatihan bagi ostomate dan pelatihan perawatan stoma bagi perawat.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang kanker, YKI membuat berbagai materi penyuluhan dan informasi tentang 10 jenis kanker prioritas berupa leaflet dan flip chart (lembar balik). Bekerjasama dengan PATH (Program for Appropriate Technology in Health), YKI menerbitkan buku Informasi Dasar Tentang Kanker (IDTK) yang merupakan buku pedoman bagi penyuluh kanker baik petugas kesehatan maupun masyarakat yang telah dilatih menjadi penyuluh kanker. YKI juga telah menerbitkan buku Informasi Dasar Tentang Kanker pada Anak yang diperuntukkan bagi tenaga medis.

Kegiatan penyuluhan dan penyebarluasan informasi kanker dilaksanakan melalui ceramah, seminar, talk show, dialog interaktif, lomba penulisan artikel tentang kanker dan penyuluhan melalui media cetak dan elektronik.

Materi penyuluhan dan informasi kanker dapat diakses di sini.

Stand YLKI di Pekan Raya Jakarta 1979 Penerangan YLKI di stand Pekan Raya Jakarta 1979 Penyuluhan pertama di SMA Tarakanita oleh Dr. Wagini dan Dr. Rukmini Tim Uji Coba IDTK di kantor PATH di Lombok, NTB Uji coba buku IDTK Uji coba buku IDTK Seminar & Workshop: Deteksi Dini dan Penanggulangan Kanker pada Anak & Perempuan, Jakarta 2-3 Mei 2009

Kembali ke Atas

Bidang Penelitian & Registrasi

YKI melalui bantuan sponsor telah membiayai penelitian-penelitian beberapa jenis kanker Prioritas YKI, antara lain kanker payudara, serviks, kolorektal, hati, kulit dan lain-lain.

Dalam kegiatan registrasi kanker, YKI bekerja sama dengan Ikatan Ahli Patologi Anatomi Indonesia mengembangkan registrasi kanker berbasis data patologi anatomi yang didapat dari 13 RS di Indonesia yang memiliki unit kanker. Hasil kegiatan Registrasi sudah diterbitkan dalam bentuk buku dengan judul “Kanker di Indonesia Tahun 2006: Data Histopatologik”

YKI juga bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Rumah Sakit Kanker Dharmais dan Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) dalam perencanaan registrasi kanker berbasis data rumah sakit.

Prestasi yang diperoleh YKI dalam bidang penelitian antara lain adalah penghargaan dari Asia Clinical Oncology Society (ACOS) tahun 1999 untuk penelitian kanker payudara di Yogyakarta. Penelitian ini disponsori oleh Terry Fox Foundation.

Hasil registrasi kanker: Data Histopatologik

Hasil registrasi kanker: Data Histopatologik

Kembali ke Atas

Bidang Umum

Bidang Umum mendukung kelancaran seluruh kegiatan program kerja YKI. Tugas pokok Bidang Umum adalah:

  • Penyediaan logistik berupa pengadaan barang dan jasa (aset, peralatan medis & non-medis, obat-obatan, kerjasama dengan pihak ketiga)
  • Pemeliharaan aset YKI
  • Penggalangan dana.

Dana yang diperoleh YKI berasal dari donatur tetap dan donatur tidak tetap serta melibatkan masyarakat luas secara terus menerus. Bentuk penggalangan dana:

1. Rutin: dengan kartu donasi atau acara rutin tahunan seperti ”Terry Fox Run” dan ”Jakarta Race” kerja sama dengan Hotel “Four Seasons”

2. Insidentil: Pagelaran seni dan budaya baik dari dalam maupun luar negeri

3. Khusus, seperti:

  • Bantuan pengobatan pasien kanker yang tidak mampu dengan kriteria dan plafon tertentu
  • Dana untuk bantuan mencetak buku-buku dan brosur penanggulangan kanker
  • Dana untuk bantuan biaya seminar, pendidikan, penyuluhan
  • Donasi obat-obatan sitostatika
  • Dan lain-lain.

Semua dana bantuan dan keuangan YKI diaudit oleh akuntan publik.

Penandatanganan Bantuan Dana dari Jakarta Race untuk YKI

Penandatanganan Bantuan Dana dari Jakarta Race untuk YKI

Kembali ke Atas

Pengurus Pusat Yayasan Kanker Indonesia
Masa Bakti 2011-2016

Ketua Umum
Prof.DR.Dr.Nila Moeloek, Sp.M(K)

Wakil Ketua Umum
Ir.Sylvia Harry Purnomo, MSc.

Sekretaris Umum
Dr.Lukiarti Rukmini, MPH

Wakil Sekretaris Umum
Dr.Ulfana Said Umar, MARS

Bendahara
Ny.Astuti Tunky Ariwibowo

Wakil Bendahara
Ny.Meiniar Ukas

Bidang I – Organisasi

Ketua
Ny. Murniati Widodo AS

Anggota
Dr.Nuhonni A.Yatim
Drg. Titiek Imawati, Sp.Orth
Drg. Sally Sudrajat, Sp.OM

Bidang II – Pelayanan Sosial

Ketua
Dr.Melissa S.Luwia, MHA

Anggota
Prof.Dr.Djajadiman Gatot, Sp.A(K)
DR.Dr.Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD, KHOM, FACP
Dr.Sonar Soni Panigoro, Sp.B.Onk
DR.Dr.Laila Nuranna, Sp.OG(K)Onk

Bidang III – Pendidikan dan Penyuluhan

Ketua
Dr.Yurni Satria, M.Phil, MHA

Anggota
Ny.Tatty Suroto, SKM
Ny.Sintha Uli Pakpahan, SKM
Ny.E.Soeminar Siregar Soeryakoesoemah
DR.Prasenohadi, Ph.D, Sp.P

Bidang IV – Penelitian dan Registrasi    

Ketua
Prof.Dr.Rukmini R.Mangunkusumo, Sp.PA

Anggota
Prof.Dr.Anwar Jusuf, Sp.P
Dr.Elisna Syahrudin, Sp.P, PhD
DR.Dr.Saptawati Bardosono, MSc

Bidang V – Umum

Ketua
Ny.Retno Damayanti Rachmat Gobel

Anggota
Ny.Sri Romadhyati Harmoko
Ny.Hertoeti Soemitro
Ny.Amah Sulfiah Ambardy
Ny.Ammy Sutono Sudirdjo
Ny.Poppy Puspitasari Hayono Isman
Ny.Ani Sumadi
Ny.Bress Suhardjo
Ny.Haryati Susilo
Ny.Satuti Yamin
Ny.Yasni Aida
Ny.Dewi Jimmy, SE

Pengurus YKI

Kembali ke Atas

Daftar Cabang Aceh

Aceh 
Jl. TGK Malem No 8. Banda Aceh. T. (0651)33144
Ketua : Dra. Ny. S.M. Ibrahim Hasan

Asahan
Jl. Jend. Sudirman No. 5 , Kisaran.  T. (0623) 41100
Ketua: Bp. Marwan

Badung – Bali
Gedung Wanita Karya Graha Kabupaten Badung, T. (0361) 421 781
Ketua: Ny. Ratna Gede Agung
Bendahara: Ny. Wiradharma
Wakil Bendahara: Ny. Oka Sukadana

Bandung (Kota)
Jl. Cikutra Raya No.276. Bandung T. 022 710 0826; 022 727 9287
Ketua: Ny. Hj. Nani Dada Rosada
Sekretaris Ny. Hj. Nani Djoko Soemitro

Bangka Belitung
Jl. Jend. Sudirman Gg. Manggis RT01/02 no 29A. Pangkal Pinang. T (0711) 421861
Ketua: Ny. Elly Marleny H

Baturaja Oku
Jl. Prof. Ir. Sutami No.29, Baturaja Kab. OKU-Sumatera Selatan
Ketua: Ny. Suzanna Eddy Jusuf, SE-AK

Bengkulu
Jl. Indragiri Padang Harapan No. 8 – Bengkulu. T.(0736) 2204 – 3204
Ketua: Ny. Suwarti T. Ndandoek

Bogor (Kota)
Jl. Kesehatan No. 3. Bogor. T. (0251) 8334562
Ketua: Ny. Hj. Fauziah Diani Budiarto

Bali (Koordinator)
Kompl. Balai Lab. Kesehatan Sanglah – Jl. Nusa Tenggara No. 3 – Denpasar. T. (0361)229342
Ketua: Ny. Ayu Pastika

Bangli
Jl. BrigJen Ngurah Rai, Bangli – Bali.  T.(0366)93030
Ketua: Ny. Putu Erik Gianyar

Bantul 
Jl. Ir. H. Juanda No 1 Bantul Timur – Bantul.  T. (0274) 7870591
Sekretaris: Ny. Suningsih, SKM

Berau Kaltim
Jl. Apt. Peranoto no 1- Tanjung Redeb – Berau Kaltim (Kantor Bupati). T/F (0554) 2027599
Ketua: Hj. Sri Yulianawati Ningsih, SE

Bontang 
Jl. M.H. Thamrin no 12 – Bontang – Kaltim.  T. 085250978839
Ketua: Hj. Najirah Adi Darma, SE

Buleleng – Bali
Jl. Veteran No.15, Singaraja, T. (0362) 21789, F. (0362) 32309
Ketua: Ny. I.G.A. Sayang Bagianda
Sekretaris: dr. Ni Made Sukarmini

Bulungan (Kabupaten)
Dinas Kesehatan Pemerinda Kab.Bulungan, Jl.Sengkawit Tanjung Selor, T. 055221021, F. 055222553

Cianjur
Jl. Siti Jenab No.331, Cianjur, T. (0263) 261 892 pswt. 175, F. (0263) 263 686
Ketua: Ny. Hj. Rosdiana Tjetjep MS, SH. MH
Bendahara: dr. Ny. Hj. Mien Suranto
Wakil Sekretaris: Ny. Hj. Nurrahmawati
Wakil Bendahara: Ny. Tate Fitriani

Cimahi (Kota)
Jl. Rd. Demang Hardjakusumah-Cimahi, T. (022)6632197, F. (022)6632321
Ketua: Ny. H. Atty Suharti Tochija

D.I. Yogyakarta
Sendowo G-1B RT.013 RW.056, Sinduadi Mlati, Sleman 55284, T. (0274) 555 394, F. (0274) 555 394, ykidiy@yahoo.com
Ketua: Gusti Kanjeng Ratu Hemas
Wakil Ketua I: KRAy. SM. Anglingkusumo
Sekretaris: Dra. I.M. Sunarsih Sutaryo, SU, Apt

D.K.I. Jakarta
Jl. Sunter Permai Raya no.2, Jakarta Utara 14340, T. 650 9144, F. 650 7747
Ketua: Ny Veronica Basuki T. Purnama, ST

Depok (Kota)
Jl. Margonda Raya No.54 Depok 16431, T. 7773610, 7783303
Ketua: Dra. Hj. Nur Azizah Tamhid, MA

Denpasar
Gedung Wanita Shanti Graha – Jl.P.B. Sudirman Bali.  T.(0361) 240519, (0361) 424801
Ketua: Ny. I.A. Selly D. Mantra

Donggala
Kantor Bupati Donggala Sulawesi Tengah, T. 081341088687, F. (0457)72248
Ketua: Ny. Hj. Mariati Habir Panulele

Gianyar – Bali
Jl. Manik No.2, Gianyar, T. (0361) 942 281
Ketua: Ny. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati
Ketua Bidang Organisasi & Umum: Ny. Cokorda Gde Putra Nindia
Sekretaris: dr. Luh Putu Menon Partini
Wakil Sekretaris: A.A. Sri Laksmi Paramita Dewi, ST
Bendahara: Sang Ayu Putu Artini

Jambi
Lab.Klinik Prima Diagnostik. Jl. M.H. Thamrin No 32 Jambi 36111 atau Jl. Samanhudi No 1 Blok B5 Jambi
T. (0741)32473 – 33946
Ketua: Dr. Zuweini Harahap

Jawa Barat
Jl. Kejaksaan No.43, Bandung 40112, T/F. (022) 423 0240, ykijabar@bdg.centrin.net.id
Ketua : Dr. Ny. Hj. Rinie Husein Jachcasaputra
Bendahara I: Ny. Hj. Lestari F. Panjung

Jawa Timur 
Jl. Mulyorejo Baru No. 8 Surabaya.  T/F. (031) 3892800
Ketua: Dra. Nina Kirana Soekarwo, Msi

Jembrana
Jl. Udayana No. 3 Negara-Jembrana, Bali.  T. (0370) 623876
Ketua: Ny. Ari Sugianti Arha

Jember
Jl. Gatot Subroto No 22 Jember, Jatim.  T/F. (0331) 487352
Ketua: Ny. Sri Wahyuni MZA Djalal

Jombang
Jl. Diponegoro no. 1, Jombang, T.(0321) 874 285, F.(0321)866 432, ykikab.jombang@gmail.com
Ketua: Ny. Susi Widjono Soeparno
Bidang Pelayanan Sosial: dr.Siwi Indria Susilowarti

Kalimantan Barat
Jalan Perdana, Komplek Adi Perdana No.B 15, Pontianak 78122, T. (0561) 583712
Ketua: dr. H. Buchary A. Rachman, Sp.KK
Sekretaris: Dra. Ny. Asnawaty Djamsani

Kalimantan Tengah
Jl. Yos Sudarso No.09, (Ktr Dinas Kesehatan Prov.KalTeng), Palangka Raya, T/F. (0536) 322 8825, yki_kalteng@yahoo.com
Ketua: Ny. Titik Sundari, SH
Sekretaris: Dr. Arnold Singarimbun, MPH

Kalimantan Timur
Jl. Basuki Rahmat No.1, Samarinda, T. (0541) 746 181
Ketua: H.A.B. Abd. Rachim, SH
Wakil Ketua: Hj. Titiek Suhartini, SH, M.Si
Sekretaris: Hj. Rachmatiah, Amd
Wakil Sekretaris: Suhirman, SKM

Kalimantan Selatan
Jl. Dharma Praja Raya No. 55, Banjarmasin. T (0511) 3252342
Ketua: Ny. H. Farida Hasan Aman

Karangasem 
Jl. Ngurah Rai – Amlapura atau Jl. Untung Surapati No 1B UD Putra Gading Bali. T/F (0363) 21547
Ketua: Ny. I Wayan Geredeg

Kotawaringin Barat 
Jl. Sutan Syahrir No 2, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. T/F (0532) 21001
Ketua: Drg. Ratna Syarbini

Klungkung
Jl. Untung Surapati No.1, Samarapura, T. (0366) 21054
Ketua: Ny. I Wayan Chandra
Sekretaris: A.A. Istri Anom Ratnadri, SH

Kudus
Jl. Simpang Tujuh No.1 Kudus, T. (0291)43765
Ketua: Ny. Hj. Rina Tamzil, SH

Kulon Progo
Jl. Perwakilan No 1 Wates.  T (0274) 773147
Ketua: Ny. Hj. Wiwik Emawati Toyo

Kutai Kartanegara
Jln. Aw. Sabran No.I, Tenggarong (Kalimantan Timur), T. (0541) 661 242
Ketua: Drs. Roesni OMZ, MM
Wakil Ketua: Hj. Zulfiah Syahrial
Sekretaris: drg. Purnamawati
Bendahara: Hj. Sulastri

Kutai Timur 
T/F (0549) 23780
Ketua: Nor Baiti

Lamongan
Jl. Raya K.H. Wahidin Sudiro Husodo no 21, Lamongan.  T. (0322) 312223
Ketua: Ny. Hj. Makhdumah Fadeli, Spd,Mpd

Lampung
Jl. Hasanuddin No.26, Teluk Betung, Bandar Lampung, T. (0721) 475 019
Ketua: Dr. H. D. Djamal, M.Si
Sekretaris: Darwati, S.Sos, MM

Magelang
Jl. Pahlawan no.61, Kota Magelang, (0293) 365 2828, (0293) 361 111
Ketua: Ny. Hj. Sri Redjeki Soelistiyono
Wakil Ketua Bidang Penelitian & Registrasi: Dr. Padmi Tri
Sekretaris: Hj. Hinirijati

Maluku
Jl. Dewi Sartika – Karang Panjang, Ambon 97121.  T/F (0911) 341279
Ketua: Prof. DR. Ny. N. Huliselan Msc

Nusa Tenggara Barat 
RSU Mataram Lt III Ruang 357, Jl. Pajenggik No. 6 , Mataram.  T (0370) 623876
Ketua: Dr. E.Y. Wenny Astuti A, M.Kes

Nusa Tenggara Timur
RSU Prof. Dr. W.Z. Johanes, Jl. dr.Moh. Hatta 19, Kupang.

Palembang – Sumatera Selatan
Jl. Demang Lebar Daun Kav.7-8, Palembang, (0711) 359 151
Ketua: Dr.Siti Mirza Nuria, Sp.OG
Ketua Bidang Pendidikan & Penyuluhan: Dr. H. Thala’at
Sekretaris: Dr. Hj. Liliek Supriyati

Palu (Kota)
RSU Antapura Kota Palu
Ketua: Ny. Hj. Vera Rusdy Mastura

Papua
Jl.Kesehatan, RSU Jayapura Dok II  Jayapura, T. (0967) 535 513 / 534 116
Ketua: Ny. R. Karma
Ketua Bidang Penelitian & Registrasi: Dr. B. Sandjaya, MSPH
Sekretaris: Ny. R. Siahaya

Paser
Jl. Lambung Mangkurat No. 10 Tnh Grogot 76211.  T 087812137300
Ketua: Ny. Indah Rahmadi

Penajan Paser Utara (Kabupaten)
d.a. Kantor Notaris PPAT Jl. Propinsi Km.2 RT2 No.31, Penajan 76141 Kalimantan Timur, T. 0818300250, 081347228875
Sekretaris: Ibu Hj. Sri Rohani, SH, MH

Riau
Gedung Wanita Lt. II, Jl.Diponegoro No.36 A, Pekanbaru – Riau, Telp.(0761) 706 6200
Ketua: Ny. Hj. Titiek Haryati Marjohan
Wakil Ketua Bidang Penelitian & Registrasi Kanker: Dr.Zulkifli Malik Sp.PA
Sekretaris: Dr. Hj. Afrida

Samarinda (Kota)
Jl. S. Parman No.1A Samarinda, T. 085250517027
Ketua: Ny. Hj. Aminah Amins

Semarang 
Puri Anjasmoro Blok O.I/12A – 15 Semarang.  T.(0247) 603881
Ketua: Dr. PA Dewi Sarjadi, Sp.M

Sleman
Dinas Kesehatan Kab. Sleman, Rorojonggrang Beran tridadi Sleman.  T/F (0274) 868409
Ketua: Ny. Hj. Tati Ibnu Subiyanto

Sulawesi Utara
Jl. Sulawesi No 250 Batukota, Manado. T/F (0431)828256
Ketua: Dr. Ny. M S.J. Tangel Kairupan

Sulawesi Tengah 
Jl. Tanjung Api No 10 Palu.  T/F (0451)421110
Ketua: Ny. Hj. Kamsiah B. Paliudju

Sulawesi Selatan
RS. Ibnu Sina, Jl Urip Sumohardjo Km.5 No. 265, Makasar. T/F (0411) 5047401
Ketua: Ny. Hj. N Z B Palaguna

Sukabumi
Jl. K.H. Sanusi no.31, Sukabumi
Ketua: Drs. Deden Achadiyat
Wakil Ketua Pendidikan & Penyuluhan: Drs. Asep Abd. Wasith, MM
Sekretaris: Abdurachman
Wakil Sekretaris: Drs. Taufik Gumilar

Sumatera Barat
Bagian Patologi Anatomi FK Unand, Jl.Perintis Kedokteran, Padang
Ketua: Prof. Dr.Salmiah Agus, Sp.PA(K)
Ketua Bidang Organisasi: dr. Rasyidah Rasyid, MPH
Sekretaris: Hj. Zulfidar Damsir

Sumatera Utara
Jl. Iskandar Muda 272 Medan.  T (061) 4513451
Ketua: Ny. Vera Natarida Rudolf M. Pardede

Sumedang
Jl. Prabu Geusan Ulun No.36, Sumedang, T/F. (0261) 205 900
Ketua: Dr. Hj. Sri Dwi Omarsari, MKN
Sekretaris: Retno Ernawati, S.Sos, MM

Tabanan – Bali
Jl. Pahlawan No.19, Tabanan – Bali
Ketua: Ny. N. Adi Wiryatama
Wakil Ketua Bidang Sosial: dr. Luh Gede Sukardiasih
Sekretaris: Gst Ayu Nengah Murniati, S.Sos

Tanah Bumbu
Jl. Dharma Praja No.7, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan
Ketua: Ny. Hj. Dahlia Anwar

Tapanuli Utara (Kabupaten)
Jl. Ahmad Yani No.1, Tarutung (Kantor PKK/Dharma Wanita Persatuan Kab.Tapanuli Utara), T. (0633) 21431
Ketua: Ny. Elly Torang Lumbantobing

Tarakan (Kota) – Kalimantan Timur
Jl. Jend. Sudirman No.82  Tarakan Kalimantan Timur, T. (0551)2027972
Ketua: Drs. H. Masdar Zemy, M.Si

Tasikmalaya (Kabupaten)
Jl. Pancasila No.27, Kota Tasikmalaya, T. (0265) 343 913, F. (0265) 343 913
Ketua: Ny. Tien Sadeli Suganda
Sekretaris: Dr. Eli Hendalia

Toba Samosir
Jl. Siliwangi No.1, Balige Toba Samosir, Sumatera Utara, T. 08126441284, F. 0632322495 / 21810
Ketua: Ny. Intan Monang Sitorus

Tulungagung 
Jl. R.A. Kartini No 1, Tulungagung, Jawa Timur
Ketua: Ny. Gardjati Heru Tjahjono

Tolotoli
Jl. Tanjung Api No. 10 Palu  T/F. (0451) 42110
Ketua: Ny. Hj. Nuraini Moh. saleh Bantilan

Wonosobo
Dharma Wanita Persatuan, Jl. Merdeka No.1, Wonosobo, T. (02860) 321 345 psw 133, F. (0286) 321183
Ketua: Dr. Agung Suhadi, Sp.OG(K)

Kembali ke Atas

Fasilitas Deteksi Dini:

Fasilitas Deteksi DiniFasilitas Deteksi Dini Klinik Yayasan Kanker Indonesia.
Jl. Lebak Bulus Tengah no. 9, Cilandak, Jakarta Selatan

  • Vaksinasi Kanker Servix
  • Konsultasi dokter umum & spesialis
  • Pap Smear
  • Laboratorium sitologi
  • Rontgen umum
  • Mammografi
  • USG Payudara, Tiroid, Abdomen, Prostat
  • Kolposkopi
  • Biopsi Jarum Halus
  • Pelayanan Informasi
  • Konsultasi berhenti merokok.

Kembali ke Atas

Fasilitas Suportif:

Tahun 1982 diresmikan Sasana Marsudi Husada (SMH) bagi pasien dari luar Jakarta yang perlu menjalani rawat jalan di RSUPN Cipto Mangunkusumo, jika fasilitas pengobatan itu tidak terdapat di daerah tempat tinggal mereka.

SMH terdapat pula di Bandung, Surabaya, Semarang , D.I. Yogyakarta, Bali, Palembang dan Banjarmasin.

Sasana Marsudi Husada Sasana Marsudi Husada Sasana Marsudi Husada Sasana Marsudi Husada Sasana Marsudi Husada Sasana Marsudi Husada Sasana Marsudi Husada

Pelayanan suportif lain:

  • Hospice Home Care, yaitu pelayanan kunjungan ke rumah untuk pasien kanker yang sudah terminal
  • Reach to Recovery, yaitu pelayanan untuk membantu pasien kanker payudara yang memerlukan dukungan medis, psikologis, moril, emosional, dan informasi
  • Indonesian Ostomy Association (InOA) adalah suatu wadah bagi para penyandang stoma (ostomate). Kegiatan InOA antara lain mendistribusikan kantong stoma bantuan dari luar negeri dan memberi pelayanan luka dan stoma
  • Perempuan Peduli Kanker Serviks (PPKS) yaitu pelayanan untuk membantu pasien kanker serviks yang memerlukan dukungan medis, psikologis, moril, emosional, dan informasi.
  • YKI menyalurkan obat sitostastika (obat anti-kanker) hanya dengan resep dokter ahli kanker (onkolog).

Kembali ke Atas